Minggu, 17 Januari 2010

elnusa ekspansi pengeboran lepas pantai

Jakarta, beritabaru.com - PT Elnusa Tbk berencana melakukan investasi peralatan pengeboran lepas pantai sebagai antisipasi meningkatnya permintaan peralatan ini. Dalam memberikan pelayanan jasa pengeboran lepas pantai itu, Elnusa tidak bekerja sendiri mengingat biayanya sangat mahal.

Untuk itu, pihaknya akan menggandeng mitra. Namun, Direktur Operasi PT Elnusa Tbk, Eddy Syahbuddin di Jakarta, Kamis (5/11), enggan menyebutkan mitranya itu. Ia hanya mengatakan calon mitranya ini sudah memiliki pengalaman dalam pekerjaan pengeboran lepas pantai. "Biaya investasinya memang sangat mahal sekitar US$250 juta, tetapi peminatnya juga sangat besar," katanya.

Eddy mengungkapkan bahwa investasi alat pengeboran lepas pantai itu rencananya akan direalisasikan pada tahun 2010 disaat harga minyak sedang membaik. Biasanya, lanjutnya, ketika harga minyak sedang membaik seperti sekarang ini, maka akan banyak investor yang membutuhkan alat pengeboran lepas pantai, tetapi kalau harga turun mereka beralih ke darat.

"Sewa peralatan pengeboran dengan kapasitas 1 horse power (hp) sekitar US$25 sampai US$30 per hari, seandainya dapat disediakan 1.000 hp berarti sewanya bisa US$25.000 per hari. Selain itu, alat bor berkapasitas 550 HP harga dipasaran saat ini sekitar US$8 juta-US$10 juta, sementara untuk kapasitas besar 1500 HP hargaya mencapai US$25 juta-US$44 juta," jelasnya.

Sebagai penyedia jasa pengeboran, tutur Eddy, pihaknya selama ini sudah melayani perusahaan besar seperti Total, Pertamina, Cevron, dan sebagainya. Selain jasa pengeboran, Elnusa juga menyediakan jasa Geosains atau Seismic untuk mengetahui kandungan minyak yang berada di daratan maupun lautan. "Layanan yang diberikan selama ini baru yang berlokasi di darat. Untuk di laut, kami tengah menjajaki karena investasinya mahal dan butuh peralatan serta kapal khusus untuk itu," ungkapnya.

Koleksi Saham

Prospek perusahaan penyedia jasa produksi dan eksplorasi seperti Elnusa sangat bagus ke depannya, seiring terus membaiknya harga minyak dunia. Harga minyak sempat turun pada Februari 2009 di tingkat terendah US$33,98 per barel, setelah dalam lima tahun terakhir harga minyak mencapai level tertinggi US$145,29 per barel, tetapi saat ini harga minyak sudah mencapai US$80 per barel.

Analis Danareksa bidang energi, Lisa Yulianingrum mengatakan, meski belum ada yang memprediksi harga minyak dengan benar, tetapi badan energi di Amerika Serikat, yaitu EIA memperkirakan harga minyak di tahun 2030 akan mencapai US$100 per barel.

Saat ini, produksi minyak masih dikuasai Arab Saudi dan diperkirakan masih memiliki cadangan besar, serta diuntungkan lifting cost yang rendah. Sampai dengan tahun 2008, AS, Cina, dan Jepang masih mengkonsumsi sepertiga total konsumsi dunia.

Dia juga mengungkapkan, investasi di sektor eksplorasi dan produksi meningkat tiga kali lipat sejak tahun 2000 sampai 2008, namun kenyataannya penambahan produksi minyak relatif sedikit. (*)

tips traveling murah di jepang

Sebagian diantara kita mungkin sering mendengar bahwa Jepang adalah negara termahal di dunia. Masalah yang mungkin timbul jika kita ingin backpacking ke Jepang, bagaimana cara mensiasati agar budget backpacking di Jepang bisa ditekan. Berikut ini beberapa tips untuk menekan budget selama backpacking di Jepang.
Transportasi
Seishun 18 kippu (baca: Seishun juuhachi kippu)
Ini adalah tiket murah buat kereta di Jepang. Bentuk fisiknya bisa dilihat di gambar berikut. Tiket ini hanya dijual selama masa liburan sekolah di Jepang (libur natal/tahun baru, libur musim semi (awal maret – awal april), dan libur musim panas (awal juli – awal september). Untuk tanggal pastinya dapat dilihat di website japan-guide. Harganya 11500 yen (data August 2006) untuk 5 hari unconsecutive (jadi seharinya 2300 yen). Jangan convert ke rupiah, karena kalo diconvert jadi mahal. Di Jepang 2300 yen sehari buat semua kereta rapid + local untuk ke seluruh Jepang yang dioperasikan Japan Railways bisa dibilang sangat murah. Trade off dengan waktu. Contoh dengan shinkansen cukup 2.5 jam ke Kyoto dari Tokyo, dengan seishun 18 kippu butuh 9 jam. Tapi harganya bisa 1/5 harga shinkansen (2300 yen vs 13.000an yen)



Tiket ini punya lima “space”/kotak yang tiap-tiap spacenya itu dicap oleh petugas di pintu masuk (manned gate) untuk ke peron. Sejak di-cap berlaku selama tanggal yang ada di cap (1×24 jam). Jadi asumsikan tiket anda ada lima kotak. Contoh hari Senin pagi anda mau menggunakan 18 kippu. Anda masuk lewat manned gate, dicap petugas, dan selama hari Senin itu anda bebas kemanapun di Jepang (pakai kereta rapid/local yang dioperasikan JR). Recommended untuk backpacking dari Tokyo ke arah Barat (daerah Kansai, Hiroshima, Fukuoka, Nagasaki)

Contoh pemakaian seishun 18 kippu (starting point tokyo)

Hari 0: menjelang jam 11.43PM Tokyo – Yokohama pakai tiket biasa naik moonlight nagara. Tapi 18 kippu jangan dicap sebelum jam 12PM.
Hari 1: satu hari 18 kippu dipakai, Moonlight nagara yokohama ke Nagoya, muter-mutar di Nagoya sampai jam 4PM, lalu ke Osaka mengejar jam 10PM untuk naik Moonlight Kyushu ke Hakata (Fukuoka)
Hari 2: satu hari 18 kippu dipakai Pagi-pagi sampai di Hakata, jalan-jalan sampe sore di Fukuoka. Jam 4 / 5 sore naik kereta ke Nagasaki (sampai sekitar jam 8/9 malam).
Hari 3: Nagasaki
Hari 4: Free, tapi kalau keluar kota nagasaki, usahakan yang dekat-dekat.
Hari 5: satu hari18 kippu dipakai Nagasaki ke Huis ten bosch/fukuoka. Malamnya moonlight kyushu,
Hari 6: satu hari 18 kippu dipakai turun di Miyajima sekitar subuh – persiapkan hati tidur di stasiun. Setengah hari ke Pulau yang ada Torii besar (sering jadi symbol promosi wisata Jepang). Seishun 18 kippu berlaku untuk Ferry JR ke pulau ini. Lalu setengah hari lagi di Hiroshima – yang bagus hanya A-bomb Dome (Gembaku Domu). Hiroshima-Miyajima itu sangat dekat. Sekitar jam 5/6 sore naik kereta ke arah Osaka, sampai Osaka malam
Hari 7-13: Osaka + kota-kota sekitar Osaka (Himeji, Kyoto, Kobe, Nara)
Hari 14: satu hari18 kippu dipakai Osaka – Nagoya by regular train. Mampir ½ hari di Nagoya. Jam 4 sore naik kereta local ke Tokyo (6 jam).
Dengan rute diatas, hanya perlu 1 set 18 kippu (lima unconsecutive day).

Hokkaido and Higashinihon Pass

Mirip sama Seishun 18 kippu. Bedanya ini berlaku hanya untuk dari Tokyo ke arah utara (Tohoku + Hokkaido). Perbedaan kedua harganya 10.000 yen dan berlaku untuk 5 consecutive day. Recommended banget (dibanding seishun 18 kippu) kalau mau ke Hokkaido. Kalau di kombin

beberapa perlengkapan backpacker

Anda berencana jadi backpacker -turis dengan ransel di punggung sambil berjalan kaki- ke alam bebas atau alam liar? Nah, apa saja perlengkapan yang harus dibawa?

Berikut adalah daftar perlengkapan wajib backpacker meski sesungguhnya kondisi daerah tujuan akan sangat menentukan jenis barang yang dibutuhkan. Saat ke pantai di daerah tropis misalnya, Anda tidak perlu jaket wool tetapi saat naik gunung jaket itu akan sangat diperlukan.

Perlengkapan yang dibawa sebaiknya disimpan berdasarkan klasifikasi fungsinya. Misalnya, simpan makanan dalam sebuah tas tertentu, pemantik atau barang multiguna lainnya dalam tas yang lain. Cara penyimpanan seperti ini akan memudahkan Anda saat membutuhkan barang tersebut. Bawalah barang yang bisa berfungsi ganda. Contohnya, sarung kantung tidur atau sarung tenda dapat digunakan sebagai tas.

Perlengkapan standar

Tas punggung
Kantung tidur
Bantal tidur
Tenda (yang akan menjadi rumah selama perjalanan)

Makanan dan Minuman

Air kemasan secukupnya
Permurni air (filter, iodin atau pemutih)
Tungku dan bahan bakar
Layar penghalang angin (untuk menjaga api tetap menyala yang terbuat dari luminum foil)
Panci/wajan yang punya pegangan atau gagang
Pemantik tahan air
Cangkir atau mug
Mangkuk dan sendok yang ringan
Pisau Swiss atau pisau serba guna
Busa untuk membersihkan panci.

Pakaian

Sepatu khusus untuk medan yang sulit atau boot hiking (yang solnya tidak rata dan anti air)
Sandal dan kaus kaki atau sepatu kamping yang ringan
Kaus kaki wool
Dalaman kaus kaki (jika bertualang ke daerah yang dinggin)
Pakaian dalam (long underwear) sintetik untuk bagian atas dan bawah
Celana pendek sintetik
Pakaian dalam
T-shirt sintetik
Jaket dan celana panjang hujan atau angin
Jaket wool
Topi wool
Sarung tangan wool
Bandana

Aksesoris

Petunjuk arah (kompas), peta jalan atau buka panduan
Topi berlampu (headlamp)
Kertas tisu
Sekop pot plastik
Kantung sampah
Lip balm
Pelembab anti matahari (sun screen)
Pembersih tangan (hand sanitizer)
Sikat dan odol gigi
Perlengkapan P3K seperti plester, aspirin, tissue antiseptik, obat-obatan untuk mengatasi gatal-gatal dan iritasi akibat bersinggungan dengan tumbuhan beracun, semacam CORTAID® Treatment Kit, moleskin, tweezers)

Perlengkapan Tambahan

Tongkat untuk trekking
Topi untuk melindungi kepala dari sinar matahari atau hujan
Kacamata hitam
Majalah dan pena
Kamera dan film
Alas tenda (ground cloth)
Duct tape (semacam isolasi yang sangat kuat yang bahkan dapat digunakan untuk memperbaiki pipa bocor)
Jam tangan
Peluit
Saringan kecil (semacam yang digunakan untuk menyaring partikel makanan selagi mencuci piring)

Perlengkapan Khusus

Perempuan: bawalah beberapa tampon/pembalut walaupun Anda tidak berencana menggunakannya; berkemah dapat mengakibatkan beberapa perubahan pada siklus haid Anda.
Pemakai lensa kontak: bawalah cairan pembersih dan kacamata

fire wall

Firewall
Firewall adalah istilah yang biasa digunakan untuk menunjuk pada suatu komponen atau sekumpulan komponen jaringan, yang berfungsi membatasi akses antara dua jaringan, lebih khusus lagi, antara jaringan internal dengan jaringan global Internet. Firewall mempunyai beberapa tugas :
• Pertama dan yang terpenting adalah: harus dapat mengimplementasikan kebijakan security di jaringan (site security policy). Jika aksi tertentu tidak diperbolehkan oleh kebijakan ini, maka firewall harus meyakinkan bahwa semua usaha yang mewakili operasi tersebut harus gagal atau digagalkan. Dengan demikian, semua akses ilegal antar jaringan (tidak diotorisasikan) akan ditolak.
• Melakukan filtering: mewajibkan semua traffik yang ada untuk dilewatkan melalui firewall bagi semua proses pemberian dan pemanfaatan layanan informasi. Dalam konteks ini, aliran paket data dari/menuju firewall, diseleksi berdasarkan IP-address, nomor port, atau arahnya, dan disesuaikan dengan kebijakan security.
• Firewall juga harus dapat merekam/mencatat even-even mencurigakan serta memberitahu administrator terhadap segala usaha-usaha menembus kebijakan security.
Merencanakan Jaringan Dengan Firewall
Merencanakan sistem firewall pada jaringan, berkaitan erat dengan jenis fasilitas apa yang akan disediakan bagi para pemakai, sejauh mana level resiko-security yang bisa diterima, serta berapa banyak waktu, biaya dan keahlian yang tersedia (faktor teknis dan ekonomis). Firewall umumnya terdiri dari bagian filter (disebut juga screen atau choke) dan bagian gateway (gate). Filter berfungsi untuk membatasi akses, mempersempit kanal, atau untuk memblok kelas trafik tertentu. Terjadinya pembatasan akses, berarti akan mengurangi fungsi jaringan. Untuk tetap menjaga fungsi komunikasi jaringan dalam lingkungan yang ber-firewall, umumnya ditempuh dua cara :
• Pertama, bila kita bayangkan jaringan kita berada dalam perlindungan sebuah benteng, komunikasi dapat terjadi melalui pintu-pintu keluar benteng tersebut. Cara ini dikenal sebagai packet-filtering, dimana filter hanya digunakan untuk menolak trafik pada kanal yang tidak digunakan atau kanal dengan resiko-security cukup besar, sedangkan trafik pada kanal yang lain masih tetap diperbolehkan.
• Cara kedua, menggunakan sistem proxy, dimana setiap komunikasi yang terjadi antar kedua jaringan harus dilakukan melalui suatu operator, dalam hal ini proxy server. Beberapa protokol, seperti telnet dan SMTP(Simple Mail Transport Protocol), akan lebih efektif ditangani dengan evaluasi paket (packet filtering), sedangkan yang lain seperti FTP (File Transport Protocol), Archie, Gopher dan HTTP (Hyper-Text Transport Protocol) akan lebih efektif ditangani dengan sistem proxy. Kebanyakan firewall menggunakan kombinasi kedua teknik ini (packet filtering dan proxy).

water injection

Kini saya akan mengupas teknologi otomotif water injection.
Water Injection
Water Injection atau sering disingkat dengan Wa-i, mungkin agak aneh didengar, meng’injeksi’ air ke dalam ruang bakar mesin… hmm.
Namun ternyata banyak keuntungan yang didapat dari metode tersebut.
Wa-i sendiri bukan hal yang baru, bahkan metode ini sudah digunakan waktu perang dunia ke-2 pada pesawat tempur untuk meningkatkan tenaga mesin pada saat penyerangan.
Panas adalah masalah utama pada mesin, dan dapat menyebabkan cepatnya kerusakan komponen mesin sehingga menurunkan performance mesin itu sendiri. Panas pada ruang bakar mesin bisa mencapai 1100 derajat Celcius! apalagi mesin tersebut menggunakan Turbo atau SuperCharger.
Wa-i bekerja dengan cara menurunkan suhu ruang bakar yang tinggi tersebut, yaitu akibat udara yang dihisap mesin menjadi dingin karena bercampur dengan kabut air, dengan demikian dapat memperlambat terbakarnya bensin. Hal ini bisa sepadan dengan menggunakan bensin beroktan tinggi sekitar setara angka oktan 113.
Ini menguntungkan karena timing pengapian bisa dibuat lebih maju (advance) tanpa gejala knocking (ngelitik), dan power yang dihasilkan mesin menjadi lebih besar. Secara teori, butir halus air akan terpecah menjadi uap pada suhu panas ruang bakar, ini menghasilkan tenaga tambahan ekstra bagi mesin.
Keuntungan Wa-i:
- Memungkinkan untuk menyetel campuran bensin seirit mungkin (LEAN)
- Memungkinkan untuk menyetel Timing Pengapian lebih maju (ADVANCE) untuk mendapatkan torsi lebih besar.
- Menjaga ruang bakar tetap bersih, karena selalu terbilas oleh uap air tadi.
- Mencegah penumpukan Carbon di ruang bakar.
- Menjaga stabilitas suhu mesin
- Mencegah terjadinya Knocking/Pinging (ngelitik).
- Menurunkan kadar polusi NOx karena suhu ruang bakar tidak tinggi.
- Bisa menggunakan Premium tanpa gejala ngelitik.
- Dapat dicampur dengan alkohol/methanol untuk mendapatkan nilai oktan yang lebih tinggi.


Namun ada juga efek negatifnya lho…
- Karena tidak terjadi Knocking/Pinging (ngelitik), menjadi susah bagi kita untuk mendeteksi kualitas bensin.
- Knalpot relatif perlu perhatian dari kemungkinan berkarat.
- Bisa membatalkan kontrak service bagi mobil baru yang masih dalam garansi service.
- Ada kerja ekstra untuk selalu memantau kondisi tangki air.
Sering orang bertanya-tanya…
Apakah dapat menimbulkan Water Hammer?
Debit air yang diinjeksi adalah kecil sekali, bisa di bilang dalam satuan butir air. Dan ketika masuk ke ruang bakar yang bersuhu tinggi butir air akan pecah menjadi uap air, jadi sudah tidak dalam wujud air utuh.
Dengan kata lain, Wa-i tidak mengakibatkan musibah Water Hammer.
Dalam suatu candaan para rekan senior yang telah mengaplikasikan Wa-i sejak tahun 2002 lalu di berbagai mobil dikatakan… “water hammer baru terjadi jika pada saat mesin berputar di rpm tinggi kemudian dari karburator disiram air segayung.. BYUURRR”.. baru deh…. K.O. si mesin.
Air yang digunakan untuk Wa-i ini adalah AIR MURNI, bisa pakai Air Aquadest atau Air Accu botol warna BIRU.
Jangan menggunakan air yang mengandung mineral seperti : Air Sumur, Air Ledeng, Air Aqua, dsb. Karena akan membuat korosi/ karat.
Untuk hasil lebih bertenaga lagi, air murni dapat ditambahkan pula Alkohol / Methanol dengan campuran 1:5 sampai 1:3
Melalui sharing ini, saya coba contohkan pada mobil saya. Dan pada bagian ini saya sebut sebagai Wa-i Stage-1.
Pada Wa-i stage-1 ini, air akan masuk diatur oleh keran (regulator) dan di filter oleh One Way Filter, kemudian akan keluar berupa percikan halus air melalui jarum suntik, kemudian air tersalur masuk melalui selang ke Vacuum yang ada di karburator atau intake Plenum.
Saya mencontohkan disini dengan memanfaatkan selang vacuum yang asalnya dari Intake Plenum menuju Fuel Pressure Regulator, kemudian saya cabang dengan cabang T, untuk memasukkan Wa-i ini.

Komponen yang digunakan untuk Wa-i sangatlah murah dan mudah didapat, antara lain:
1. Filter Penghisap Aquarium
2. Regulator Air (keran)
3. One Way Filter
4. Jarum Suntik ukuran 24G
5. Cabang Selang Aquarium T
6. One Way Filter
Note: Jika sulit mendapatkan komponen tersebut, bisa pesan langsung ke Dikwan Septiawan





PERAKITAN

alat perakitan adalah diagram Wa-i Stage-1, dengan keterangan sebagai berikut.
1. Filter Penghisap
2. Regulator Air (keran)
3. One Way Filter
4. Jarum Suntik ukuran 24G
5. Cabang Selang Aquarium T
6. One Way Filter
Jarum suntik yang digunakan bisa bermacam-macam (24G, 25G, 26G, 27G, dst), jadi bisa disesuaikan dengan kebutuhan debit airnya pada mesin Anda. Hal ini karena karakter mesin berbeda-beda.
Untuk merakit jarum dengan selang dan One Way Filter, perlu sedikit ketelitian. Pastikan komponen ini di Lem dengan lem super.

Persiapan selanjutnya adalah membuat Tangki Air.
Tangki air dapat menggunakan berbagai media, saya contohkan dengan menggunakan termos plastik yang dibeli di supermarket dengan kapasitas tampung 2liter.





IMPLEMENTASI
Setelah semua komponen sudah dirakit dengan rapih, selanjutnya memasangnya pada mesin.



Gambar di bawah memperlihatkan posisi Tangki Air pada ruang mesin mobil saya.

TEST
Dari hasil test jalan, tenaga yang dihasilkan cukup berasa perbedaannya.
Tarikan dirasa ringan dan panjang, mulai dari RPM bawah hingga Redline dilalui mulus tanpa knocking (ngelitik) sekalipun bensin digunakan Premium murni.


IMPROVEMENT Wa-i Stage-1
Setelah menimbang-nimbang,.. kurang benar jika saya men-cabang vacuum yang menuju Fuel Pressure Regulator.
Hal ini mengakibatkan pada saat di RPM tinggi, FPR tidak bekerja optimal untuk menjaga tekanan bensin karena tekanan Vacuum terbagi dengan Wa-i ini.

Untuk itu saya putuskan untuk membuat jalur vacuum lain yang kebetulan ternyata ‘tempat’nya sudah disediakan oleh komponen mesin itu sendiri.
Nantinya saya akan pindahkan Wa-i ini melalui jalur baru tersebut.
Semoga bermanfaat.